Resep Anti Gagal Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) Ala Rumahan

Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) adalah 26 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) memakai 17 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertama kali lihat resep ini dari @FiraAmmar99. Tiba-tiba kangen tante dan bakpia pathok/pathuk dari tante yang tinggal di Jogja. Tante saya tinggal di sana karena menikah dengan orang Jogja. Selain bakpia pathok, biasanya tante membawakan yangko dan geplak juga. Alhamdulillah, ada #PekanCooksnap, sekalian saya ingin coba resep yang belum pernah saya coba yang berasal dari Jogja. Resep Mbak Fira terinspirasi dari Mbak Fitri Sasmaya. Beda keduanya, resep Mbak Fira yang Bahan A (Kulit Lapisan A) pakai margarin penuh, sedangkan resep Mbak Fitri pakai 1/2 margarin+1/2 mentega. Saya pakai resep Mbak Fitri karena sedang ada stok BOS (Butter Oil Subtitute), yaitu butter sub milky. Alhamdulillah, lumayan untuk menggantikan butter. Resepnya saya modifikasi sedikit, garam saya skip, dan Bahan B saya kurangi minyaknya. Oh iya, bakpia yang saya buat ini cenderung kering dan crispy/krispi. Mungkin karena saya pakai gula pasir dan kurang air. Berikutnya insyaa Allah saya ingin coba pakai gula halus. Bakpia punya Mbak Fitri, saat keluar dari oven renyah sekali. Setelah dingin, jadi empuk. Ini saya tulis resep aslinya. Isian saya, saya pakai resep dari suami saya sewaktu membuat isian roti. Isiannya saya modif juga. Sumber: https://cookpad.com/id/resep/1598991-bakpia-khas-jogja?invite_token=EZnC21KP42x9R6FjZiNvPMzQ&shared_at=1612795603 Akun Fitri Sasmaya: @fitrisasmaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon):

  1. Bahan A
  2. 250 gram tepung terigu (saya protein rendah ditambah sedang sedikit)
  3. 40 gram caster sugar (bisa pakai gula pasir, saya gula pasir tanpa diblender)
  4. 25 gram margarin, suhu ruang (saya Forvita)
  5. 25 gram mentega tawar, suhu ruang (saya BOS, butter sub milky)
  6. 1/4 sdt garam halus (saya skip)
  7. 80-100 ml air (saya lupa, kemungkinan kurang dari 80 ml :D)
  8. 40 gram minyak canola (saya minyak goreng biasa)
  9. Bahan B
  10. 100 gram tepung terigu (saya protein rendah)
  11. 30 gram margarin (saya Forvita)
  12. 30 gram minyak canola (saya minyak goreng biasa, punya saya kurangi, sebaiknya tidak dikurangi)
  13. Bahan isian (untuk 26 buah)
  14. 130 gram tepung terigu (rendah/sedang)
  15. 39 gram margarin (saya Forvita)
  16. 39 gram mentega tawar/BOS/butter sub milky
  17. 52 gram gula halus

Langkah-langkah untuk membuat Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon)

  1. Campur bahan isian hingga tercampur rata lalu timbang masing-masing 9-10 gram (atau bagi menjadi 26 bulatan). Pipihkan. Sisihkan. Catatan: punya saya hanya ada 190 gram. Sisanya saya pakai isian coklat dari Milo, tapi saya tidak tuliskan resepnya di sini karena isiannya mbleber saat ditutup kulit dan dipanggang :).
  2. Buat kulitnya dari bahan A. Campur terigu, gula, minyak, margarin, dan mentega lalu susul dengan air. Aduk-aduk hingga rata dan kalis. *Masukkan air sedikit demi sedikit hingga bisa dibentuk. Jika dirasa sudah bisa dibentuk-bentuk, penambahan air bisa dihentikan. Diamkan. Catatan: Maaf, saya agak lupa airnya berapa gram, bisa jadi punya saya salah timbang.
  3. Campur semua bahan B.
  4. Ambil adonan A lalu timbang kurang lebih 16-18 gram (atau bagi menjadi 26 buah).
  5. Ambil adonan B lalu timbang kurang lebih 5-7 gram (atau bagi menjadi 26 buah).
  6. Ambil adonan A lalu gilas. Setelah itu, ambil adonan B. Letakkan di atas adonan A, gilas lagi. Setelah itu, letakkan isian.
  7. Bentuk bulat pipih. Tata di atas teflon. Panggang dengan api sangat kecil (api lilin) selama 30 menit. Setelah 15 menit pertama balikkan bakpianya, ya. Punya saya agak gelap warnanya karena kelebihan waktunya. Kalau pakai oven, panggang dengan suhu 170-180°C api bawah di rak bawah.
  8. Angkat teflon/keluarkan dari oven lalu dinginkan.
  9. Sajikan. *Tekstur bakpia saya krispi/crispy beda dari milik Mbak Fitri Sasmaya, tapi tetap enak, alhamdulillah. Yummy. Selamat mencoba. ^^ Catatan: Ini foto malam hari.
  10. Paginya tetap krispi. Enak. Alhamdulillah. ^^ Catatan: Ini foto pagi hari.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tag : masakan jawa
0 Comments for "Resep Anti Gagal Bakpia Jogja Kering Krispi (Pakai Teflon) Ala Rumahan"

Back To Top